cover
Contact Name
Dheasey Amboningtyas
Contact Email
dheasey@unpand.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
dheasey@unpand.ac.id
Editorial Address
Jl. Banjarsari Barat No.1, Pedalangan, Kec. Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer
Published by Universitas Pandanaran
ISSN : 24428310     EISSN : 25027654     DOI : -
Core Subject : Economy,
Dalam Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer (JEBK) memberikan ruang selebar-lebarnya kepada para calon kontributor untuk mempublikasikan hasil riset dalam bentuk dengan penelitian teoritis (conceptual works) ataupun penelitian terapan/aplikasi pada topik yang berkaitan dengan penelitian, praktik, serta pengajaran di semua bidang subjek Ekonomi dan Bisnis serta Isu-isu Ekonomi dan Bisnis yang termutakhir atau isu Eko-Bisnis kontemporer
Articles 86 Documents
ANALISYS OF BANKRUPTCY PREDICTION INFLUENCED OF FIRM SIZE WITH PROFITABILITY AS AN INTERVENING VARIABLE USED ALTMAN Z-SCORE MODEL ON RETAIL COMPANIES LISTED ON THE INDONESIA STOCK EXCHANGE PERIOD 2012-2016 Tutik Mukaromah; Dheasey Amboningtyas
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 2, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan terhadap prediksi kebangkrutanmelalui profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan ritel yang terdaftar di Bursa Efek Indonesiadengan model Altman Z-Score. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 22 perusahaan ritel yang terdaftar diBursa Efek Indonesia dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposivesampling diperoleh sebanyak10 perusahaan dengan periode lima tahun dari 2012 sampai 2016, sehingga keseluruhan terdapat 50 sampel.Jenis penelitian ini menggunakan jenis metode kuantitatif dengan data sekunder yang diperoleh dariwww.idx.co.id. Analisis data dalam penelitian ini menggunkan analisis deskriptif, uji asumsi klasik danpengujian hipotesis menggunkan koefisien determinasi, uji t, analisis jalur dan uji sobel.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap prediksikebangkrutan. (2) Ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. (3)Profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap prediksi kebangkrutan. (4) ukuran perusahaan tidakberpengaruh signifikan terhadap prediksi kebangkrutan melalui profitabilitas sebagai variabel intervening.Kata kunci : Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Prediksi Kebangkrutan.
DAMPAK KEPEMIMPINAN, STRES DAN SIKAP KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL Heru Sri Wulan
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 5, No 1 (2019): Jurnal Ekonomi Bisnis Kontemporer Vol 5 No. 1 Januari 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

One measurement of the employee performance of Manpower, Transmigration and Population Service of Central Java Provincial Government is the number of transmigrantsdeparture.Theresultsofevaluationofthenumberofmigrantsandthenumberofmigrantswho departed show that the realization had not reach 100% and the trend ofdeclining. Based on these empirical phenomena, the statement expressing the problem isthe employee performance of Manpower, Transmigration and Population Service ofCentral Java Provincial Government had not meet the target and tend to decrease.Therefore this study aimed to investigate the effect of job stress and attitudes onperformance in order to improve the employee performance Manpower, Transmigrationand Population Service of Central Java Provincial Government. To answer these research purposes, interviewing with 98 respondents wereconducted using questionnaire to obtain data/information on job stress, attitudes, andperformance. The respondents are the employees of Manpower, Transmigration andPopulation Service of Central Java Provincial Government. The data obtained wasanalyzed using multiple regression tests. The results of multiple regression tests on the variables of job stress, work attitudes,and performance showed that job stress is proven to have significant and negative effecton the employee performance of Manpower, Transmigration and Population Service ofCentral Java Provincial Government and work attitude is proven to have significant andnegative effect on the employee performance of Manpower, Transmigration andPopulation Service of Central Java Provincial Government.Keywords: job, stress, work attitude, performance 
THE EFFECT OF FIVE SUPPORTING VARIABLES IN MEASURING THE EQUITY BRAND AT DISTRIBUTION BABY PRODUCTS CUSSONS Aziz Fathoni
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 1, No 01 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research was to analyze brand equity of cussons baby products fromperspective of the customer was measured from following dimensions : attitudinal loyalty,behavioral loyalty, brand awareness, brand associations and perceived quality.Data was collected from161 respondent that meet the qualifications. From data collected,then by using descriptive statistic method, linear regression modelAnalysis shows that attitudinal loyalty, behavioral loyalty, brand awareness, brandassociations and perceived quality were significantly affecting brand equity of Cussons’sbaby products. These variables (attitudinal loyalty, behavioral loyalty, brand awareness,brand associations and perceived quality) were positively affecting the brand equity, whichmeans that increasing these variables will also increase brand equity.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN BANK PADA TAHUN 2013 - 2015 BERDASAR METODE ALTMAN DAN RETURN SAHAM Studi Pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Mia Ajeng Alifiana
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 3, No 2 (2017): Vol 3 No 2 September 2017
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian atas analisis kinerja keuangan ini, pertama dilakukan untuk mengetahui potensi kebangkrutan bank berdasar metode Altman untuk perusahaan go public dengan empat rasio. Analisis kinerja keuangan kedua dilakukan dengan sumber indikator return saham, berdasar data harga penutupan saham setiap tahunnya. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa data laporan keuangan dan return saham historis tahun 2013-2015 pada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) menguji secara empiris kinerja keuangan bank berdasar metode Altman; (2) menguji secara empiris kinerja keuangan bank berdasar return saham; (3) menguji secara empiris hubungan antara skor Altman dan return saham. Uji hipotesis dilakukan dengan Korelasi Pearson untuk mengetahui hubungan antara skor Altman dan return saham. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk berdasar: (1) metode Altman diprediksi rawan mengalami kebangkrutan atau berada di grey area, (2) nilai return saham berfluktuasi, cenderung menurun dan bernilai negatif di tahun 2015; (3) hasil Korelasi Pearson menunjukkan bahwa skor Altman dan return saham berhubungan tidak signifikan meskipun menunjukkan arah yang positif.Kata kunci: Bank, Kinerja Keuangan, Metode Altman, Return Saham.
PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP EFEKTIFITAS CAPAIAN VOLUME PENJUALAN MINYAK GORENG PADA PT. MULTINABATI SULAWESI UNIT MALEO KABUPATEN POHUWATO Lely Afiati
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 4, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.4 No.1 April 2018
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran yang meliputi Produk, Harga, Distribusi dan Promosi terhadap Efektifitas capaian volume penjualan minyak goreng pada PT. Multinabati Sulawesi unit Maleo Kabupaten Pohuwato baik secara simultan maupun secara parsial oleh konsumen di Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato.Hasil penelitian menunjukan bahwa secara serentak semua variable bebas, Produk (X1), Harga (X2), Distribusi (X3), Promosi (X4) memengaruhi dan signifikan terhadap Efektifitas capaian volume penjualan sebesar 0,871 (87,1%). Sedangkan secara parsial pengaruh variabel Independen (X) terhadap Efektifitas capaian volume penjualan (Y) masing –masing variabel adalah: Produk (X1) : (0,247/24,7%), Harga (X2) : (0,025/2,5%), Distribusi (X3) : (0,279/27,9%), Promosi (X4) : (0,476/47,6%).Kata Kunci: Produk , Harga , Distribusi, Promosi , Marketing Mix.
PENGARUH PENDIDIKAN AKUNTANSI DAN PENGALAMAN AKUNTANSI TERHADAP PENGGUNAAN INFORMASI AKUNTANSI DIMODERASI SELF EFFICACY PADA USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada UKM di Jalan Lampersari dan Jalan Sompok Semarang) Patricia Dhiana Paramita
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 2, No 02 (2018): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.02 No.2 September 2018
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan informasi akuntansi sangat berguna untuk mengembangkan UKM. Namun masih minimnya penggunaan informasi akuntansi yang menjadi kendala bagi UKM di Jalan Lampersari dan Jalan Sompok untuk mengembangkan usahanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi secara parsial terhadap penggunaan informasi akuntansi serta mengetahui apakah self efficacy memoderasi pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi.Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah UMK yang ada di sepanjang Jalan Lampersari dan Jalan Sompok yang berjumlah 80 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik sensus dimana semua populasi yang ada digunakan sebagai sampel. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda,dengan MRA, goodness of fit berupa uji t dan koefisien determinasi.Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat diketahui bahwa pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan informasi akuntansi. Self efficacy memoderasi pengaruh pendidikan akuntansi dan pengetahuan akuntansi terhadap penggunaan informasi akuntansi.Sebaiknya para pelaku UKM meningkatkan pendidikan dan pengetahuan akuntansi, sehingga dapat meningkatkan self efficacy dan akan berdampak positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.Kata kunci: pendidikan akuntansi, pengetahuan akuntansi, self efficacy dan
STIMULUS PROGRAM KEMITRAAN BAGI MASYARAKAT PENGEPUL SAMPAH TERHADAP PENINGKATAN UPAYA KELANJUTAN USAHA MITRA (Studi Pada Mitra Pengepul Sampah di Kelurahan Bambankerep Semarang) Leonardo Budi Hasiholan; Azis Fathoni; Sukaryo Sukaryo
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.5 No.2 Agustus 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu rantai niaga pengepul yang sudah terjalin kuat di lokasi sekitar TPAini adalah pertemuan antara model hubungan mutualisme antara pengepul. Saat iniPengepul sampah mulai berkompetisi dan mendapatkan porsi lebih dalampenentuan price maker dari barang barang pulungan di TPA.Permasalahan utama Mitra pengepul yang melakukan usaha pengepulan iniadalah terbenturnya kondisi pengepul yang masih menggunakan konsepmanajemen keluarga dalam penanganan usaha ini. Dari hal diatas menunjukkanMitra sedang menghadapi masalah dalam melangsungkan usahanya. Teknikpengabdian dan counceling yang tersusun dalam pelaksanaan pengabdian ini terdiridari dua metode pendekatan pelaksanaan yakni dengan Metode Pelaksanaan dalambidang Manajemen dan Metode Pelaksanaan dalam bidang Produksi sertaPendekatan KuantitativeHasil Kegiatan Pengabdian terbagi menjadi beberapa tahap. Pertama:Pelatihan Manajemen dan Pemberdayaan Model Bisnis dan rencana bisnis , Kedua:Menjadi bagian dari komunitas pengusaha Daur Ulang Plastik (DUP) ketigaManajemen Alat Bantu Produksi dan Pelatihan dan Pendampingan Untuk ProsesDaur Ulang. Hasil analisis Kuantitative data tentang tingkat pengetahuan usahapengepulan menunjukkan bahwa subyek telah memiliki pengetahuan pada pretest.Pada posttest didapatkan kurang lebih 70% dari subyek memperoleh nilai lebih darirata-rata. Dengan demikian, hipotesis yang menyatakan bahwa penyuluhan padapengabdian berpengaruh terhadap tingkat pengetahuan keberhasilan mengelolausaha pengepulan pada mitra, dan kelompok sosial lainnya bisa diterima.Kata Kunci : Pengabdian, Model Bisnis, Daur Ulang, Produksi pengepul
ANALISIS KEPUASAN KONSUMEN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN GOJEK DI KABUPATEN KUBU RAYA Efa Irdhayanti; Yuni Firayanti
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 5, No 2 (2019): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol.5 No.2 Agustus 2019
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang mampu memberikan dampak yang besar terhadapberbagai bidang, satu diantaranya yaitu pada bidang pemasaran. GOJEK merupakan satudiantara aplikasi yang memiliki dampak yang luas bagi penggunanya, baik konsumen,pengendara dan pelaku usaha yang terlibat. Oleh karena itu, penulis tertarik untukmenganggkat tema “Analisis Konsumen Terhadap Kualitas Pelayanan GOJEK di KabupatenKubu Raya” dalam penelitian ini. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: a). Tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan GOJEK di Kabupaten Kubu Raya; b).Faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat kepuasan konsumen terhadap pelayanan GOJEK diKabupaten Kubu Ra; c). Kepuasan konsumen terhadap pelayanan GOJEK di Kabupaten KubuRaya. Populasi dan sample dalam penelitian ini adalah pengguna jasa GOJEK di KabupatenKubu Raya yaotu di Kecamatan Sungai Raya. Penelitian dilakukan dengan melaksanakanobservasi lapangan dan penyebaran kuesioner.Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap variabel tangible, realibility,responsiveness, assurance dan emphaty terhadap kepuasan konsumen, menunjukkan indikatorindikator dalam penelitian ini bersifat valid dan reliabel. Pada uji hipotesis, variabelresponsiveness berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Sedangkan variabel tangible,reliability, assurance dan emphaty tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan konsumen.Secara simultan variabel tangible, reliability, assurance dan emphaty berpengaruh signifikanterhadap kepuasan konsumen. Dari uji koefisien Determinasi (R2) dapat dilihat persentasesumbangan pengaruh variabel bebas yaitu variabel tangible (X1), realibility (X2),responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) terhadap variabel terikat yaitu kepuasankonsumen (Y) sebesar 80,1%. Sedangkan sisanya 19,9 % dipengaruhi oleh variabel lainnyayang tidak dimasukkan dalam penelitian ini.Kata Kunci : GOJEK; Kepuasan Konsumen; Kualitas Pelayanan
PENGARUH PROFITABILITAS, KEBIJAKAN DIVIDEN DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN HUTANG PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG LISTED DI BEI TAHUN 2012-2014 Amalia Nur Chasan; Sabtarini Kusumaningsih
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 1, No 02 (2015): Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The company's goals can be achieved through the implementation of financialmanagement functions with caution and appropriate considering any financial decisionstaken will affect other financial decisions that will affect the value of the company. Thefunding decision will determine the company's ability to carry out its operating activities andthe effect on the risk for the company itself. Financing using debt is too high will increase thecompany's financial risk and ultimately into the financial crisis (financial distress).This study researcher influence profitability, dividend policy and the size of the debtstructure of the company to a manufacturing company in 2012-2014. By using multiple linearregression analysis technique. Samples obtained are 16 companies. Results of the analysisshowed that profitability and dividend policy have significant negative effect on the debtpolicy, while the size of the company does not have a significant effect. The most influentialvariable is profitability. Determination coefficient is 0.344, which means the debt policyvariables explained 34.4% by the variable profitability, dividend policy and the size of thecompany while the rest influenced by other variables.Keywords: debt policy, profitability, dividend policy, the size of the company
FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMEN DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN HP NOKIA DI KABUPATEN POHUWATO Lely Afiati
Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer Vol 3, No 2 (2017): Vol 3 No 2 September 2017
Publisher : Universitas Pandanaran

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam dunia perdagangan begitu banyak faktor yang dapat mempengaruhi banyaknya konsumen bahkan juga dapat menurunkan minat dari konsumen dalam membeli sebuah produk di kabupaten pohuwato peminat /pembeli barang berupa handpone begitu banyak akan tetapi terdapat juga perilaku dari konsumen saat akan membeli barang tersebut. Handpone saat ini bukanlah kebutuhan tersier tapi seperti sudah menjadi kebutuhan sekunder masyarakat. Pengguna Handpone kini makin berkembang tidak hanya orang dewasa namun pelajar juga anak sudah paham dengan pemakaian handpone, dengan makin tingginya frekuensi permintaan dan pengunaan Handpone NOKIA oleh masyarakat, banyak produsen Handpone memanfaatkan peluang untuk memproduksi Handpone, dengan berbagai macam merek,, yaitu seperti merek ADVAN, VIVO, EVERCCOS, dan masih banyak lagi. Para pemasar mencoba memahami perilaku pembelian konsumen agar mereka dapat menawarkan kepuasan yang lebih besar kepada konsumen, tapi bagaimanapun juga ketidakpuasan konsumen sampai tingkat tertentu masih akan ada beberapa pemasar masih belum menerapkan konsep pemasaran Handpone salah satunya di Kabupaten Pohuwato mereka tidak beroreantasi pada pembeli dan tidak memandang kepuasan pembeli sebagai tujuan utama, lebih jauh lagi karena alat menganalisis perilaku konsumen tidak pasti , para pemasar kemungkinan tidak mampu menetapkan secara akurat apa sebenarnya yang memuaskan para pembeli. Sekalipun para pemasar mengetahui faktor yang meningkatkan kepuasan konsumen, mereka belum tentu dapat memenuhi faktor tersebut.Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Perilaku Konsumen, Kepuasan Pembeli