Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3 No 2 (2018)

KAJIAN KRITIS TERHADAP STANDARISASI PENDIDIKANDI INDONESIA

Suparmin, Suparmin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Beberapa negara di dunia, termasuk Indonesia mengasumsikan bahwa pengembangan standarisasi, jaminan kualitas dan akreditasi harus di pahami sebagai respon negara terhadap situasi semakin kompleks yang disebabkan oleh banyaknya institusi pendidikan tinggi swasta. Akreditasi di gunakan untuk mengendalikan sistem pendidikan tinggi dan untuk menjaga standar kualitas minimal. Berdasarkan alasan-alasan tersebut maka Visi pemerintah Indonesia saat ini adalah untuk meningkatkan daya saing globalnya dan memperoleh posisi terhormat di antara negara-negara lain.Akan tetapi visi tersebut belum tercapai secara maksimal. Berdasarkan hasil Laporan Ekonomi Dunia, kontribusi pendidikan tinggi terhadap daya saing Indonesia hanya mencapai 4,5 (dari 7) dalam aspekpendidikan tinggi dan pelatihanpada 2017-2018(Moeliodihardjo, Soemardi, & Kurnia, 2017).Pendidikan tinggi tidak dapat berkontribusi secara berarti dalam meningkatkan daya saing Indonesia tanpa peningkatan kualitas yang signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

Edudikara

Publisher

Subject

Other

Description

Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran merupakan jurnal ilmiah berskala nasional yang dikelola oleh Ikatan Profesi Teknologi Pendidikan Indonesia cabang Surakarta (IPTPI Surakarta). Edudikara terbit berkala per 3 bulan sekali, yakni Maret, Juni, September, dan ...