JURNAL PENDIDIKAN SAINS SOSIAL DAN AGAMA
Vol. 6 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan, sains sosial, dan agama

PENGARUHKALYĀŅAMITTA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA BERAGAMA BUDDHA DI SMP NEGERI 3 KALORAN

Elvira Yuli Nabela (TK Pertiwi Jakarta)
Urip Widodo (STABN Raden Wijaya)
Agus Subandi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2020

Abstract

Hubungan pertemanan yang sudah terjalin dengan baik di SMP Negeri 3 Kaloran dapatberdampak pada proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dengan adanya siswa saling berinteraksi,seperti saling menanyakan minat temannya untuk mengikuti pembelajaran di kelas. Penelitian inibertujuan untuk mengukur besarnya pengaruh kalyāņamitta terhadap minat belajar siswa di SMPNegeri 3 Kaloran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan ex-postfacto yang dilakukan di SMP Negeri 3 Kaloran. Uji prasyarat analisis data meliputi uji normalitas,uji linieritas dan uji heteroskedastisitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisisdeskriptif presentase dan analisis regresi linier sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalahsiswa di SMP Negeri 3 Kaloran tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 38 siswa. Teknikpengumpulan data dengan menggunakan metode angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwaterdapat pengaruh signifikan kalyāņamittaterhadap minat belajar siswa Beragama Buddha di SMPNegeri 3 Kaloran. Hal ini dapat ditunjukan dengan nilai koefisien regresi linier sederhana sebesar thitung = 2,280 dengan nilai signifikan = 0,029. Jika melihat nilai signifikansi dan t hitung tersebutmaka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kalyāņamitta terhadapminat belajar siswa, karena nilai signifikansi 0,029 < 0,05 dan nilai t hitung lebih besar dari t tabel(2,280 > 1,683). Nilai signifikan < 0,05 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingadapat diartikan bahwa besaran pengaruh kalyāņamittaterhadap minat belajar siswa jika dilihat darinilai R square adalah sebesar 12,6%. Sedangkan sisanya 87,4% dipengaruhi oleh faktor lain diluardari penelitian ini.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

PSSA

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

JURNAL PENDIDIKAN, SAINS SOSIAL, DAN AGAMA is a double-blind peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing research articles focusses on: 1. Teaching method 2. Instructional methods 3. Instructional strategy 4. Instructional materials development 5. Experiment, ...