Proses penerimaan mahasiswa baru di Fakultas Kedokteran Universitas Swadaya Gunung Jati (FK Unswagati) lebih menekankan pada hasil tes seleksi akademik sebagai faktor kognitif, sedangkan faktor non kognitif kurang diperhitungkan. Penelitian ini bertujuan menganalisis tes seleksi mahasiswa baru sebagai prediktor prestasi akademik. Metode yang digunakan adalah potong lintangdengan sampel total berjumlah 97 orang terdiri dari mahasiswa angkatan 2009 dan 2010. Prestasi akademik diukur melalui IPK S.ked, rerata nilai blok, dan OSCE komprehensif. Tes seleksi akademik memiliki hubungan yang bermakna (r=0,40) dan mempengaruhi IPK sebesar 16% dan nilai blok sebesar 11,9%. Maka, tes seleksi akademik memiliki predictive validity terhadap prestasi akademik mahasiswa kedokteran.Kata kunci: prestasi akademik, tes akademik, kognitif, predictive validity The admission process at FM SGJU is more emphasis on academic test results, whereas non cognitive factors are still underestimated. The aim of this study is to analyze academic test in the admission process of new student as predictor of academic achievement. The research method was cross sectional. The total sample consist of 97 students of batch 2009 and 2010. Academic achievement was measured through the GPA, average block grade. Academic test has significant correlation (r=0,40) and affects 16% of the GPA and 11,9% of average block grade. Therefore, academic test on the admission process has predictive validity for academic achievement.Keywords: academic achievement, academic test, cognitive, predictive validity
Copyrights © 2016