Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 4 (2019): JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education

Kesiapan Belajar Peserta Didik di Lembaga Kursus Bahasa Inggris Oase Academy Kota Padang Panjang

Salsabila, Annisa (Unknown)
Setiawati, Setiawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya hasil belajar peserta didik di Lembaga Kursus Oase Academy Kota Padang Panjang. Peneliti menduga hal ini disebabkan karena kesiapan belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengambarkan kesiapan belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan kursus di Lembaga Kursus Oase Academy Kota Padang Panjang. Jenis penelitian ini mengunakan deskriptif kuantitatif dan populasi penelitian ini adalah peserta didik kursus Bahasa Inggris yang berjumlah 42 orang. Teknik pengambilan sampel mengunakan cluster random sampling dengan jumlah 32 orang. Pengumpulan data mengunakan kuesioner dan dianalisis dengan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesiapan belajar peserta didik yang dilihat dari aspek motivasi belajar dikategorikan sangat baik, sedangkan dilihat dari aspek tujuan belajar dan kondisi emosional dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan sebagian besar peserta didik menyatakan sering pada setiap pernyataan yang diberikan. Berdasarkan hasil dari penelitian ini diharapkan peserta didik dapat memperhatikan kesiapan belajar sebelum mengikuti kegiatan belajar.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jface

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience Other

Description

FACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education (2685-6476) diterbitkan pertama kali Februari 2019 secara online oleh Penerbit Aksara Rentaka Siar, Kediri, Jawa Timur. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education terbit empat kali setahun pada Februari, Mei, Agustus, ...