Ilmu Pendidikan
Vol 1 No 4 (2019): JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education

Description of Extrinsic Motivation of Students at The Training Progarm House Keeping BLK Padang

Kristopel, Woren (Unknown)
Sunarti, Vevi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh keberhasilan pada program pelatihan house keeping di BLK Padang. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil belajar peserta didik saat mengikuti pelatihan. Penelitian menduga penyebab keberhasilan peserta didik mengikuti pelatihan adalah motivasi ekstrinsik, dan di dalam motivasi ekstrinsik terdapat dua aspek yang mendukung yaitu: a) aspek keluarga dan 2) aspek lingkungan masyarakat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota peserta pelatihan house keeping yang berjumlah 32 orang, teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, yang mana sampel diambil sebanyak 65% dari populasi yaitu 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data daftar pernyataan. Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasli penelitian menunjukkan menurut peserta didik bahwa a) gambaran motivasi ekstrinsik peserta didik pada pogram pelatihan house keeping di BLK Padang dalam aspek keluarga terlaksana dengan baik. b) gambaran motivasi ekstrinsik peserta didik pada pogram pelatihan house keeping di BLK Padang dalam aspek lingkungan masyarakat terlaksana dengan baik. Hal ini bisa dibuktikan dengan sebagian besar peserta didik memberikan pernyataan selalu. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan. Kepada keluarga dan lingkungan masyarakat agar tetap meningkatkan motivasi, serta dorongan kepada peseta didik dalam mempertahankan kedisipilinan supaya hasil belajar peserta didik baik.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jface

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Neuroscience Other

Description

FACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education (2685-6476) diterbitkan pertama kali Februari 2019 secara online oleh Penerbit Aksara Rentaka Siar, Kediri, Jawa Timur. JFACE: Journal of Family, Adult, and Early Childhood Education terbit empat kali setahun pada Februari, Mei, Agustus, ...