Niagawan
Vol 7, No 2 (2018): NIAGAWAN VOLUME 7 NO. 2 JULI 2018

PENGARUH MEREK DAN PERSONAL SELLING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK DVD PLAYER ELECOR PADA PT. CAKRAWALA ELECORINDO MEDAN

Ina Namora Putri Siregar (Universitas Prima Indonesia)
Elisabeth Natalia (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2018

Abstract

PT.Cakrawala Elecorindo merupakan salah satu perusahaan yang menjual produk Elecor di kota Medan. Permasalahan yang terjadi adalah keputusan pembelian yang semakin menurun, merek yang kurang dikenal oleh masyarakat, dan personal selling tidak memahami produk yang akan dijual. Berdasarkan uraian singkat tersebut, maka dirumuskan masalah sebagai berikut bagaimana pengaruh merek dan personal selling terhadap keputusan pembelian produk dvd player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Manajemen Pemasaran, yang berkaitan dengan Merek, Personal Selling dan Keputusan Pembelian. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian adalah penelitian deskriptif, sifat penelitian adalah deskriptif explanatory. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, kuesioner, dan observasi. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Populasi adalah seluruh pelanggan PT.Cakrawala Elecorindo yang berjumlah 100 toko. Penentuan jumlah sampel menggunakan sampel jenuh dimana 30 toko untuk uji validitas dan uji reliabilitas. 70 toko untuk uji responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa merek dan personal selling secara simultan dan parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian DVD player Elecor pada PT.Cakrawala Elecorindo. Merek dan personal selling memberikan informasi yang dibutuhkan sebesar 38,4% dalam keputusan pembelian produk DVD player Elecor pada PT. Cakrawala Elecorindo dan sisanya sebesar 61,6% dijelaskan oleh kualitas produk, harga, dan lain sebagainya. Keywords : Merek, Personal Selling, Keputusan Pembelian

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

niagawan

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Niagawan merupakan metadata OJS. Jurnal yang dikelola oleh Prodi Pendidikan Bisnis Fakulltas Ekonomi Universitas Negeri Medan (UNIMED) sebagai media Program Studi Pendidikan bisnis memuat karya tulis ilmiah hasil penelitian atau tinjauan kepustakaan dalam bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis, ...