Penelitian ini bertujuan untuk mencari bukti empiris mengenai kompetensi dosen yang memengaruhi tingkat pemahaman mahasiswa mengenai akuntansi. Dengan locus of control internal sebagai variabel moderasi. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Tahun Akademik 2018/2019 untuk Angkatan 2016, hal ini dikarenakan mereka telah mengambil mata kuliah Dasar Akuntansi. Sampel yang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling berjumlah 41 orang mahasiswa. Metode penelitian yaitu kuantitatif dan kualitatif. Analisa data menggunakan software SPSS Versi 21 menggunakan 2 model yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi dengan variabel moderating. Hasil penelitian dari aspek kuantitatif yaitu kompetensi dosen tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi dengan nilai signifikansi 0,201 dan locus of control internal memoderasi kompetensi dosen terhadap tingkat pemahaman akuntansi pada mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Jakarta dengan kenaikan nilai Rsquare sebesar 2,6%. Hasil penelitian dari aspek kualitatif menguatkan hasil penelitian dari aspek kuantitatif bahwa kompetensi dosen tidak memengaruhi tingkat pemahaman akuntansi mahasiswa secara signifikan, karena hasil dari aspek kualitatif menunjukkan banyak responden merasa belum siap mendapatkan materi akuntansi saat kuliah dan merasakan perbedaan dengan saat sekolah.
Copyrights © 2019