Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan
Vol 19 No 2 (2018): Tamaddun Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan

PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN NILAI

Mohammad Ahyan Yusuf Sya’bani (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Nov 2018

Abstract

Salah satu komponen yang sering dijadikan faktor penyebab menurunnya mutupendidikan adalah kurikulum. Kritikan cukup tajam terhadap kurikulum antara lain; kurikulumterlalu padat, tidak sesuai dengan kebutuhan anak, terlalu memberatkan anak, merepotkan guru dan sebaginya. Oleh karena itu akan banyak dilakukan inovasi dalam pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI), salah satunya melalui penerapan kurikulum berbasis kompetensi Pengembangan kurikulum (curriculum development) merupakan komponen yang sangat esensial dalam keseluruhan kegiatan pendidikan. Penelitian ini bertujuan menemukan format kurikulum bagi pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang lebih bisa memberikan nilai bagi peserta didik dalam suatu pendidikan sehingga pembelajaran tidak hanya berkesan sebagai transfer of knowledge saja. Adapun hasil penelitian menyatakan bahwa bentuk pengembangan kurikulum Pendidikan Agama Islam yang relevan bagi pembelajaran agamaadalah kurikulum yang dalam tiap mata pelajarannya dimasukkan beberapa nilai moral yanghendak dicapai.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

tamaddun

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

Jurnal ini bernama Tamaddun yang artinya (peradaban, kebudayaan, kemajuan) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Gresik, terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juli dan Januari. Tujuan dari jurnal ini adalah memfasilitasi para ...