Gorga : Jurnal Seni Rupa
Vol 2, No 2 (2013): Gorga : Jurnal Seni Rupa

Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Pokok Bahasan Desain Batik Dengan Strategi Pembelajaran Kontekstual Di Kelas X SMA Negeri 1 Rantau Utara Labuhan Batu Tahun Ajaran 20012/ 2013

Ratih Fatma Siregar dan Wahyu Tri Atmojo (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2013

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk memberikan salah satu solusi gunameningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan desain di SMA Negeri 1Rantau Utara. Peningkatan hasil belajar siswa dilakukan melalui penelitian tindakankelas (PTK). Sumber data dari siswa kelas X-D. Teknik pengumpulan datamenggunakan tes mendesain batik dengan menggunakan pensil dan pewarna pensilwarna. Prosedur penelitian menggunakan dua siklus dengan perencanaan,pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pada siklus pertama nilai pre test yang diperoleh sebesar 58.3% yang tuntas dengan jumlah siswa 21 orang dan nilai rata-ratasiswa sebesar 71.94 dan mengalami peningkatan pada saat siklus I menjadi 72.2%yang tuntas dengan jumlah siswa 26 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 76.52.Pada saat siklus II terjadi peningkatan dari siklus I ke siklus II menjadi 91.7% yangtuntas dengan jumlah siswa 33 orang, dan nilai rata-rata siswa sebesar 83.19.Dengan demikian terjadi rata-rata peningkatan hasil belajar siswa dalam prosespembelajaran sebesar 16.7%. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa strategipembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar seni budaya pokokbahasan desain batik di kelas x SMA Negeri 1 Rantau Utara Labuhan Batu tahunajaran 2012/ 2013. Berdasarkan peningkatan siklus I dan siklus II, hipotesispenelitian ini yaitu: menggunakan strategi metode pembelajaran kontekstual dapatmeningkatkan hasil belajar desain batik di SMA Negeri 1 Rantau Utara, Labuhanbatu, dapat diterima keberlakuannya.Kata Kunci : Hasil Belajar, Desain Batik, Strategi Kontekstual

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

gorga

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Gorga : Jurnal Seni Rupa terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran, hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi (seniman), dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan, kajian seni, desain, ...