Gorga : Jurnal Seni Rupa
Vol 2, No 2 (2013): Gorga : Jurnal Seni Rupa

Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Melukis Siswa Kelas XI Akuntansi 1 SMKNegeri 1 Takengon Tahun Ajaran 20012/ 2013

Citra Sari Jayanti dan Sugito (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Nov 2013

Abstract

ABSTRAK Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMK Negeri 1 Takengon. Dari hasil wawancara dengan guru Seni Rupa ditemukan bahwa para siswa belum pernah diajarkan melukis dengan menggunakan strategi Inkuiri, belum pernah mendapatkan pengalaman belajar dari lingkungan mereka sendiri dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Rupa dan Keterampilan masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah dengan strategi inkuiri dapat meningkatkan hasil belajar melukis siswa kelas XI Akuntansi 1 Negeri 1 Takengon. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 1 SMK Negeri 1 Takengon jumlah 25 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan/Observasi, dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Siswa, Tes Unjuk Kerja, Wawancara, Catatan Lapangan dan dokumentasi. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan, yaitu nilai rata-rata kelas Siklus I mencapai 69,92 dengan siswa yang tuntas belajar 10 siswa atau 40%. Siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 84,68, siswa yang mengalami tuntas belajar sebanyak 24 siswa atau 96%. Aspek ide pada siklus I 57,3% siswa yang tuntas, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 94,6% siswa yang tuntas. Aspek tema pada siklus I 54,6% yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 96% siswa yang tuntas. Aspek garis pada siklus I 34,6% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 93,3% siswa yang tuntas. Aspek bidang pada siklus I 34,6% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 88% siswa yang tuntas.Aspek warna pada siklus I 53,3% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 90,6% siswa yang tuntas. Aspek kesatuan pada siklus I 48% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 93,3% siswa yang tuntas. Aspek keseimbangan pada siklus I 49,3% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 92% siswa yang tuntas. Aspek irama pada siklus I 50,6% siswa yang tuntas, pada silkus II mengalami peningkatan menjadi 92% siswa yang tuntas.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

gorga

Publisher

Subject

Arts Education

Description

Gorga : Jurnal Seni Rupa terbit 2 (dua) kali setahun pada bulan Juni dan Desember, berisi tulisan/artikel hasil pemikiran, hasil penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi (seniman), dan pengkaji dalam disiplin ilmu kependidikan, kajian seni, desain, ...