ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peranan prinsip-prinsip desain pada cenderamata kerajinan ukir kayu yang dipasarkan di pasar buah Berastagi dan untuk mengetahui penyebab rendahnya minat beli wisatawan terhadap cenderamata kerajinan ukir kayu di pasar buah Berastagi. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan sejak Februari sampai dengan Juni 2017 yang bertempat di pasar buah Berastagi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yakni data yang diolah berupa angka dan dijelaskan dengan cara deskriftif. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 30 cenderamata kerajinan ukir kayu dan ampel dalam penelitian ini adalah 15 cenderamata kerajinan ukir kayu yang dipasarkan di pasar buah Berastagi. Berdasarkan data yang telah dinalisis sesuai dengan tabel hasil penelitian maka hasil diketahui bahwa secara umum penerapan prinsip-prinsip desain pada cenderamata kerajinan ukir kayu di pasar buah Berastagi memiliki jumlah=431,3 dengan nilai rata-rata=86,27 dikategorikan baik. Prinsip desain A(kesatuan) memperoleh nilai rata-rata=87(baik), prinsip desain B(keseimbangan) memperoleh nilai rata-rata=85,6(baik), prinsip desain C(proporsi) dan prinsip desain D(harmoni) mendapatkan nilai rata-rata=86,4(baik), prinsip desain E(irama) memperoleh nilai rata-rata=85,9(baik). Kata Kunci: cenderamata, kerajinan, ukir kayu
Copyrights © 2017