Pertumbuhan minimarket modern di Indonesia beberapa tahun belakangan ini telah mengalami perkembangan yang pesat. Pertumbuhannya tidak hanya berada di pusat kota besar saja, tetapi sudah menyebar hingga ke daerah kota kecil. Hal ini yang terjadi di Kota Sarolangun, pertumbuhan minimarket modern yang mulai berkembang hingga ke kota kecil menyebabkan penyebarannya yang tidak beraturan antara satu minimarket dengan minimarket lainnya. Serta keberadaan minimarket yang berdekatan dengan pedagang eceran dan grosir yang berada dalam satu area jangkauan pelayanan akan sangat mempengaruhi preferensi masyarakat dalam berbelanja. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui persepsi dan preferensi masyarakat terhadap minimarket maupun pedagang eceran dan grosir, juga untuk mengetahui pengaruh keberadaan minimarket modern terhadap pedagang eceran dan grosir berkaitan dengan jarak jangkauan pelayanannya, metode yang digunakan adalah survei lapangan dan metode penelitian kepustakaan bersifat kualitatif. Terdapat perubahan kecenderungan pada preferensi pemilihan tujuan berbelanja sebelum dan sesudah berdirinya minimarket modern di kawasan Kota Sarolangun.
Copyrights © 2019