Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 3 (2020)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengidentifikasi Informasi Dari Teks Eksplanasi Dengan Pemberian Tugas Yang Disertai Dengan Penghargaan Dikelas VIII.5 Smp Negeri 11 Binjai

Lingga yani Sinulingga (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2020

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi pada siswa kelas VIII.5 melalui strategi pemberian tugas disertai penghargaan.  Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai yaitu  rendah/kurangnya kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata  keseluruhan hanya mencapai 63,46.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik dan alat pengumpul Data pada penelitian ini diperoleh melalui pengumpulan dokumen hasil kerja siswa, daftar nilai dan lembar  observasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan penggunaan strategi pemberian tugas disertai penghargaan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi kelas VIII.5 SMP Negeri 11 Binjai.  Peningkatan kemampuan mengidentifikasi informasi dari teks eksplanasi melalui strategi pemberian tugas disertai penghargaan dapat dilihat dari peningkatan skor dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 42,30 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus II menjadi 80,77. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus II sebesar 38,46. Kata Kunci: Teks Eksplanasi, Strategi penghargaan (reward), Penelitian Tindakan Kelas

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...