Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 3 (2020)

Efektivitas Model Pembelajaran Perancah (Scanffolding) Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Eksposisi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Berastagi

Amsal Sembiring (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini adalah untuk mengetahui Model  pembelajaran perancah Scaffolding terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Berastagi. Populasi dalam penelitian ini adalah  dan sampel dalam penelitian ini sebanyak 240 orang.      Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Model pembelajaran perancah scaffolding  dengan masalah dan tujuan penelitian untuk mengetahui kemampuan menulis paragraf eksposisi. Instrumen yang digunakan adalah penugasan dalam bentuk menulis paragraf eksposisi Data yang diperoleh dianalisis dengan nilai rata-rata menulis paragraf eksposisi di kelas eksperimen adalah 78,9 sedangkan untuk menulis paragraf eksposisi di kelas kontrol  adalah 63,2 berada pada kategori baik. Pada taraf nyata ɑ = 0.05 dengan jumlah sampel 30 orang  didapat  = 0,161, Setelah harga r direkomendasikan terhadap   ternyata  >  atau 7,40 > 0,161 maka  memenuhi kriteria pengujian hipotesis dengan berarti ada hubungan antara menulis paragraf eksposis maka hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis Nihil (Ho) ditolak. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran perancah (Scaffolding) terhadap kemampuan menulis paragraf eksposisi oleh kelas X SMA Negeri 1 Berastagi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...