Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 2 (2020)

Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (Vct) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Smp Swasta Rahmat Islamiyah

Ida Fitri Nurasima (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di Smp Swasta Rahmat Islamiah. Populasi yang di ambila dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di Smp Swasta Rahmat Islamiah sebanyak 144 siswa. Sampel ini di ambil dengan penentuan sampel secara acak (random sampling) dengan memeprtimbangkan bahwa tidak ada kelas yang di unggulkan dan sudah di uji homogennya. Pada penelitian ini kelas eksperimen di lakukan di kelas VIII A dengan menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan di kelas kontrol adalah kelas VIII D dengan menggunakan model pembelajaran konvensiona. Penelitian ini di lakukan dengan menggunakan desain eksperimen kuasi dalam bentuk pretest-posttest. Pengujian hipotesis menggunakan uji t. setelah peneitian dilakukan maka di dapat rata-rata hasil belajar siswa sesudah pembelajaran pada post-test di kelas eksperimen sebesar 81,03 dan di kelas kontrol sebesar 74,23.Dari hasil analisis uji normalitas data post-test di kelas eksperimen menunjukkan Lhitung < L tabel (0,11000 < 0,1418 ) maka dapat disimpulkan bahwa data setelah pembelajaran tersebut berdistribusi normal pengujian homogenitas pada saat post-test dimana 1,38 < 1,72 dari hasil uji tersebut kelas dinyatakan homogeny. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh harga t hitung > t tabel yaitu 3,04 > 1,665 15 dengan taraf signifikasi 5% (= 0,05) maka Ho ditolak dan Haditerima sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran value clarification technique memiliki pengaruh terhadap hasil belajar siswa di SMP swasta Rahmat Islamiyah tahun ajaran 2019/2020.Kata      Kunci: Pengaruh, Model Pembelajaran Value Clarification, Technique(VCT), Hasil Belajar

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...