Whatsapp sebagai salah satu media sosial paling berpengaruh dan banyakdigunakan oleh masyarakat di Indonesia.Para siswa di Indonesia pada era digital saat ini sudah menggunakan gawai dalam aktivitas keseharian mereka baik di sekolah maupun di luar sekolah.Namun, sebagian besar pelajar tersebut menggunakan aplikasi media sosial, khususnya Whatsapp, hanyauntuk bermedia sosial saja, padahal di dalam aplikasi tersebut, terdapat manfaat yang bisa meningkatkan kemampuan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) penggunaan whatsapp sebagai media literasi digital siswa dan 2) kemampuan literasi digital siswa dilihat dari kemampuan berbahasa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah simak, catat, dan kajian pustaka.Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini yaitu, 1) tingkat literasi digital siswa dengan media sosial whatsapp masih kurang dan 2) peningkatan kemampuan literasi digital siswa ditinjau dari aspek kemampuan berbahasa, yaitu, mendengar, berbicara, membaca, memirsa, dan menulis
Copyrights © 2020