Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apak ada pengaruh model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan. Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk menegtahui bagaimana pengaruh student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fikih siswa di Mts Muhamadiyah 15 Medan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen, metode eksperimen ini dapat diartikan sebagai metode yang digunakan untuk menncari pengaruh ataupun perbedaan perlakuan tertentu terhadap suatu hal dalam kondisi yang terkendali. Populasi dalam penelitian ini diambil dari seluruh siswa kelas VIII MTs muhammadiyah 15 medan sebanyak 70 oarang siswa. Sedangkan sample yang diambil adalah sebanyak 50 siswa dari kelas VIII-1 dan VIII-2. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran terhadap hasil belajar hal ini dapat dilihat dari korelasi product moment person  dengan table nilai "r"  pada taraf signifikan 5% maka diperoleh rxy = 0,478 lebih besar dari pada r table yaitu = 0,444. Maka dapat disimpulkan bahwa "terdapat pengaruh yang positif antara model pembelajaran student facilitator and explaining terhadap hasil belajar fikih siswa di MTs Muhammadiyah 15 Medan".Kata Kunci : Model Pembelajaran student facilitator and explaining, Hasil  Belajar, Fikih
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020