Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis teks cerpen berdasarkan pengalaman pribadi bagi siswa kelas XI TKJ di SMK Swasta Anugerah Sitinjo, Kabupaten Dairi. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua siklus dengan melalui 4 tahapan yaitu, (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Hasil analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan dan tes siswa diperoleh dari dokumen penilaian proses pembelajaran dan secara individu menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Experiential Learning, dapat meningkatkan keterampilan siswa menulis cerpen. Hasil rata-rata tes menulis cerpen pada siklus I diperoleh hasil rata-rata sebesar 62,5%, kemudian pada siklus II diperoleh hasil rata-rata sebesar 78,5% dengan ketuntasan klasikal 83,3%. Berdasarkan hal tersebut diharapkan guru dapat menerapkan Model Pembelajaran Experential Learning dengan perencanaan dan pelaksanaan yang baik agar kemampuan keterampilan menulis cerpen siswa dapat meningkat.
Copyrights © 2020