Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengritik isi teks ceramah dengan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah pada semester ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 30 orang. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya tedapat empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Tindakan yang diberikan kepada siswa berupa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk meningkatkan kemampuan mengritik isi teks ceramah. Teknik pengumpulan data berupa tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan mengritik isi teks ceramah kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah. Peningkatan kemampuan mengritik isi teks ceramah terlihat dari adanya peningkatan kualitas produk. Berdasarkan hasil tes mengritik isi ceramah dari siklus I dengan nilai rata-rata 72,04 ke siklus II menjadi 83,51 diperoleh peningkatan sebesar 11,47. Dengan demikian, kemampuan mengritik isi teks ceramah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Tigapanah telah mengalami peningkatan dengan menerapkan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC).
Copyrights © 2020