Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 1 (2020)

Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA dengan Menggunakan Metode Make A Match

Saskia Apriliyani (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Mar 2020

Abstract

Masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode Make a Match dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPA. Hipotesis pada penelitian ini adalah dengan menggunkan metode Make a Match pada pelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari hasil penelitian terdapat beberapa hal yaitu Pembelajaran IPA dengan menggunakan metode Make a Match  menunjukkan pada prestes sebelum melaksanakan tindakan, dari 30 orang dinyatakan tuntas sebesar 20 % dengan nilai rata – rata 47,2. Perolehan hasil belajar pada siklus I dari 30 siswa terdapat 15 siswa dinyatakan tuntas atau sebesar 50 %, sedangkan 15 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan persentase 50 %, dengan nilai rata-rata 66,5. Sedangkan perolehan hasil belajar pada siklus II dari 30 siswa terdapat siswa dinyatakan tuntas dengan persentase 76,7 %, sedangkan 7 siswa tidak tuntas dengan persentase 23,3 %, dengan nulai rata-rata sebesar 76,4. Kata – Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Metode Make a Match 

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...