Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 1, No 3 (2020)

Upaya Meningkatkan Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerpen Dengan Peta Konsep Di Kelas XI SMA Swasta Hkbp Butar

Menak Simanungkalit (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan peta konsep.Penelitian ini dilakukan berdasarkan temuan masalah yang terdapat di kelas XI SMA Swasta HKBP Butar, yaitu kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa masih rendah. Hal tersebut dilihat dari perolehan skor rata-rata kelas hanya mencapai 41,66.Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Butar berjumlah 36 siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap , yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui observasi, tes keterampilan menganalisis cerpen, penilaian dan angket.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan Peta konsep dapat meningkatkan kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen siswa kelas XI SMA Swasta HKBP Butar. Peningkatan keterampilan menganalisis unsur intrinsik cerpen dengan menggunakan peta konsep dapat dilihat dari peningkatan skor rata –rata siswa dari hasil sebelum pelaksanaan tindakan sebesar 53 dan setelah pelaksanaan tindakan pada siklus I menjadi 68. Kenaikan skor rata-rata mulai dari pratindakan hingga siklus I sebesar 15 dan setelah dilaksanakan siklus II rata rata naik menjadi 83

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...