AlphaMath: Journal of Mathematics Education
Vol 1, No 1 (2015)

Upgrading Higher-Order Thinking of UMP Mathematics Education Student Through Project Based Learning Model in Advanced Calculus Course 1

Lukmanul Akhsani (Unknown)
Joko Purwanto (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2015

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III C semester ganjil tahun pelajaran 2013/ 2014. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari dua kali pembelajaran dan satu kali tes. Hasil penelitian ini yaitu pada sisklus I rata-rata skor tes 3,66 artinya masuk kriteria baik. Dengan rata-rata kemampuan analisis 4,54 , evaluasi yaitu 2,76, dan kreasi 2,83. Hasil penelitian Siklus II yaitu rata-rata skor tes 4,16 artinya masuk kriteria sangat baik. Dengan rata-rata kemampuan analisis 4,60, evaluasi 4,12, dan kreasi 2,88. Dari hasil tes kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa pada siklus II, terlihat mengalami peningkatan dari siklus I dan minimal masuk kriteria baik, sehingga penelitian dikatakan berhasil. Kata Kunci: Kalkulus, Kemampuan Tingkat Tinggi, Mahasiswa, PjBL,

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

alphamath

Publisher

Subject

Mathematics

Description

AlphaMath: Journal of Mathematics Education adalah jurnal pendidikan matematika yang menyajikan artikel hasil pemikiran dan penelitian serta perkembangan mutakhir. Alphamath merupakan jurnal peer reviewed dan open access. Alphamath diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Matematika Universitas ...