Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH PEMAHAMAN STRUKTUR DAN CIRI KEBAHASAAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKSSISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHETAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Hot Seri Yanti Br L (Unknown)
Drs. Basyaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pemahaman struktur dan ciri kebahasaan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe sebanyak 192 orang dan pengambilan sampel dilakukan secara random sampling, sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 32 orang.Metode yang digunakan adalah metode deskripsi koresional. Data kebiasaan membaca dijaring dengan menggunakan  angket sebanyak 38 soal. Data kemampuan menulis teks prosedur kompleks dijaring dengan menggunakan tes perbuatan.Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan yaitu uji normalitas, uji linearitas, dan uji keberartian.Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa data berdistribusi normal, linier, dan berarti.Hasil perhitungan dengan menggunakan anlisis korelasi Product Moment pada taraf signifikan α 0.05 menujukkan nilai rhitung > rtabel yakni 0.857 > 0.349, hal ini berarti bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan membaca dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016.Adanya hubungan yang signifikan pemahaman steruktur dan ciri kebahasaan dengan kemampuan menulis teks prosedur kompleks maka dapat disimpulkan bahwa Ho (hipotesis nihil) diterima. Kata Kunci: Struktur, Ciri Kebahasaan, Menulis, Teks Prosedur Kompleks.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...