Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 4 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PERBEDAAN HASIL BELAJAR APRESIASI CERPEN "TIURMAIDA” KARYA HASAN AL BANNA BERDASARKAN JENIS KELAMIN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK KELOMPOK BUZZ OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 3 BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2012/ 2013

HERERA HERERA (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed)



Article Info

Publish Date
17 Oct 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar apresiasi cerpen “tiurmaida” karya Hasan Al Banna berdasarkan jenis kelamin dengan menggunakan teknik kelompok buzz oleh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai sebanyak 280 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan porposive sample sebanyak 60 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen two group pos-tes design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan berganda. Nilai rata-rata pos tes siswa perempuan pada kelas kontrol adalah 64,33 sedangkan nilai rata-rata post test siswa laki-laki adalah 63. Nilai rata-rata siswa perempuan pada kelas eksperimen adalah 78 sedangkan nilai rata-rata siswa laki-laki adalah 76,67. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji General Linear Model Multivarite dengan program SPSS-17. Dari perhitungan uji hipotesis untuk kelas kontrol diperoleh harga sig. > α (0,594 > 0,05) dan untuk kelas eksperimen harga sig. > α (0,898 0,05) maka Ha ditolak sedangkan Ho diterima. Hal ini membuktikan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar apresiasi cerpen siswa laki-laki dengan perempuan. Hipotesis untuk teknik pembelajaran dipeoleh harga sig. < α (0,000 < 0,05) maka Ha diterima sedangkan Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa teknik pembelajaran kelompok buzz dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 3 Binjai tahun pembelajaran 2012/2013. Keywords: hasil belajar, apresiasi cerpen, jeniss kelamin, teknik kelompok buzz.

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...