Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 2, No 3 (2013): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Media Cetak Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa X SMA Santa Lusia Sei Rotan Tahun Pembelajaran 2012/2013

Candra R Gultom (Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Unimed)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2013

Abstract

Penelitian ini bertujuan menggambarkan pengaruh media cetak surat kabar terhadap kemampuan menulis karangan argumentasi siswa kelas X SMA Santa Lusia tahun pembelajaran 2012/2013. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Santa Lusia Sei Rotan yang terdiri atas empat kelas dengan jumlah populasi 130 orang siswa. Dari jumlah siswa tersebut ditetapkan sampel yaitu 64 orang. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen yaitu membandingkan dua kelompok, yaitu kelompok yang diberikan pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak surat kabar atau kelas eksperimen (X) dan kelompok yang diberi pembelajaran dengan media cetak buku pelajaran atau kelas kontrol yang diberikan perlakuan berbeda. Data kelas eksperimen menulis karangan argumentasi dijaring dengan menggunakan essay test yang disusun untuk tujuan yang ingin dicapai. Sebelum analisis data, dilakukan uji persayratan analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Distribusi data yang diperoleh: kelas eksperimen memiliki rata-rata 79,34 dengan standar deviasi 6,72 dan kelas kontrol memiliki rata-rata 67,31 dan standar deviasi 8,07. Hasil perhitungan uji normalitas diperoleh: kelas eksperimen memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,13 dan Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung< Ltabel atau 0,13< 0,15 yaitu menulis karangan argumentasi dengan menggunakan media cetak surat kabar berdistribusi normal; dan kelas kontrol memperoleh harga Lo (Lhitung) = 0,07 dan Lt (Ltabel) = 0,15. Ternyata Lhitung< Ltabel atau 0,07< 0,15. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran menulis karangan argumentasi dengan media cetak buku pelajaran berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji homogenitas varians gabungan kedua kelompok yang diteliti diperoleh X2 hitung = 1,42 dan X2 tabel = 1,84. Harga X2 hitung < X2 tabel yaitu 1,42 < 1,84. Pengujian hipotesis dilakukan mendengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,39 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = (N1+N2) - 2 = 60. Pada tabel t dengan df = 60 diperoleh ttabel taraf signifikansi 5% = 2,00. Kriteria pengujian menyatakan bahwa Ha diterima jika thitung >ttabel (6,39>2,00), maka hipotesis alternatif diterima yang menyatakan media cetak surat kabar lebih baik daripada media cetak surat buku pelajaran dalam meningkatakan hasil belajara menulis karangan argumentasi. Kata Kunci : Media Cetak, Karangan Argumentasi

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...