Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 3 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016

Lyly Indriyani Sihite (Unknown)
Tangson R. Pangaribuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran Group Investigation terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasinya adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian diambil sebanyak 70 orang, 35 orang dari kelas X-3 sebagai kelas eksperimen dan 35 orang dari kelas X-2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan model Two Group Posttest - Only Control Design. Dari pengolahan data, diperoleh hasil Post-Test (X1) dengan nilai rata-rata = 77,14 dan standard deviasi = 8,30. Nilai tersebut tergolong dalam kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 28,6% untuk kategori sangat baik, 51,1% untuk kategori baik dan 14,3% untuk kategori cukup. Hasil Post-Test (X2) dengan nilai rata-rata = 64,85 dan standard deviasi = 8,06. Nilai tersebut tergolong dalam kategori  baik, cukup, dan kurang yakni 40% untuk kategori baik, 51,43% untuk kategori cukup dan 8,57% untuk kategori kurang. Dari uji normalitas data hasil kelas post-test (X1) dan post-test (X2), menunjukkan bahwa kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas, dapat disimpulkan bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh to sebesar 7,49. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=35-1=34+35-1=34 dari df = diperoleh taraf signifikasi 5% = 1,99, karena to yang diperoleh lebih besar dari t tabel yaitu 7,49 > 1,99, maka hipotesis diterima. Hal ini membuktikan bahwa penggunaan model pembelajaran Group Investigation berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi  siswa kelas X SMA Negeri 1 Tarutung Tahun Pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci : Group Investigation, Paragraf Argumentasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...