Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe talking chipsterhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.Sampel penelitian ini adalah kelas XI-IPA 1 berjumlah 34 dan kelas XI- IPA 2 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen Randomized Subject, Posstest Only Control Groub Design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif esai.Berdasarkan pengolahan data diperoleh hasil poss-test (Kontrol) dengan rata-rata = 70 dan standar deviasi = 7.17. Sedangkan hasil posttest (Eksperimen) dengan rata-rata = 80.58 dan standar deviasi = 7.74. Dari uji data kelas kontroldan kelas eksperimen diketahui bahwa kedua data tersebut berdistribusi normal. Data post-test (Kontrol) diperoleh Lhitung 2,00, maka Diterima.Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe talking chips efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas XI SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.
Copyrights © 2020