Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 7, No 2 (2018): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP PEMAHAMAN TEKS NEGOSIASI SISWA KELAS X SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018

Cunda Rossairy Gewa Prasasti (Unknown)
Sanggup Barus (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran make a match terhadap kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian one group pre-test dan post-test design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah siswa 213 orang dan diperoleh sampel sebanyak 34 orang siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random kelas. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa kemampuan memahami teks negosiasi sebelum menggunakan model pembelajaran make a match dalam kategori kurang dengan nilai rata-rata 54. Kemampuan memahami teks negosiasi setelah menggunakan model pembelajaran make a match dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 84,9. Selanjutnya hasil uji “t” diperoleh nilai thitung = 5,45 dan setelah dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikan a = 0,05 dengan dk = (N+N -2) = 62, karena thitung > ttabel yaitu 5,45 > 2,04 maka ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran make a match berpengaruh signifikan terhadap kemampuan memahami teks negosiasi siswa kelas X SMK Negeri 1 Patumbak Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...