Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 5, No 1 (2016): Basastra: Jurnal Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia

KONTRIBUSI PENGUASAAN KOSAKATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Elsa Crysty Sitepu (Unknown)
Tiur Asi Siburian (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Jun 2016

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi penguasaan kosakata (pilihan kata, kata yang bersinonim, pemaknaan kata; konotasi dan denotasi) terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016 yang berjumlah 32 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel yang ditetapkan dari sebagian jumlah populasi yang ada yaitu sebanyak 160 orang siswa.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasional.Dari data penguasaan kosakata siswa Kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe yang diperoleh nilai rata-rata atau mean sebesar 67,65 dan simpangan baku atau standard deviasi sebesar 10,99. Sedangkan, kemampuan menulis karangan narasi diperoleh nilai rata-rata sebesar 77,15 dan simpangan baku atau standard deviasi sebesar 9,08. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan korelasi Product Moment diperoleh nilai r hitung = 0,473 dan nilai r tabel pada taraf signifikan α= 0,05 dengan N = 32 sebesar 0,349, menunjukkan bahwa r hitung > r tabel yaitu 0,473 > 0,349 maka hipotesis penelitian diterima. Dan nilai kontribusi sebesar 22,3%, hal ini bermakna bahwa terdapat kontribusi yang signifikan antarapenguasaan kosakata terhadap kemampuan menulis karangan narasi oleh siswa kelas X SMA Negeri 2Kabanjahe tahun pembelajaran 2015/2016. Kata kunci: Penguasaan Kosakata, Menulis Karangan Narasi.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

basastra

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Basastra MENU Focus and Scope Flag Counter web analytics View My Stats OPEN JOURNAL SYSTEMS Journal Help USER You are logged in as... basastra My Journals My Profile Log Out INFORMATION For Readers For Authors For Librarians HOME ABOUT USER HOME SEARCH CURRENT ARCHIVES FOCUS & SCOPE CONTACT ...