Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran pelaksanaan permainan di RA dalam menginternalisasikan nilai-nilai toleransi. (2)internalisasi nilai-nilai toleransi melalui permainan anak. (3) Permainan yang dapat menginternalisasikan nilai-nilai toleransi pada anak. Metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, anak-anak di Raudhatul Athfal I Sindutan dan kepala sekolah, guru, anak-anak, dan orang tua di Raudhatul Athfal Sindutan 2. Adapun temuan-temuan dalam penelitian ini adalah : (1) Permainan anak dilakukan dengan fleksibel dan spontan pada saat anak-anak istirahat. (2) Nilai-nilai toleransi dapat tertanam saat anak-anak bersosialisasi dan berinteraksi serta berkomunikasi dengan teman saat mereka bermain. (3) Nilai toleransi banyak ditemukan pada permainan yang melibatkan banyak pemain atau permainan berkelompok dan pada permainan tradisional.Kata kunci: toleransi, anak usia dini, permainan anak
Copyrights © 2019