Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan karir dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta dalam membuat perencanaan karir. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Analisis data dilakukan dengan: 1) Data Reduction (Reduksi Data), 2) Data Display (Penyajian Data), dan 3) Penarikan Kesimpulan. Selain itu dilakukan trianggulasi sebagai uji keabsahan data penelitian dengan menerapkan trianggulasi sumber dan teknik. Temuan hasil penelitian: 1) Layanan bimbingan karir SMK Kesehatan Insan Mulia Yogyakarta dilaksanakan dengan memberikan layanan bimbingan dan konseling kepada siswa, yaitu (a) layanan informasi diri sendiri; (b) layanan informasi tentang lingkungan hidup/pekerjaan; (c) layanan penempatan latihan kerja; dan (d) layanan orientasi. 2) Kemampuan perencanaan karir ditunjukkan melalui pemahaman tentang: (a) pilihan kelanjutan studi; (b) pilihan jenis karir/pekerjaan yang sesuai keaadaan diri sendiri; (c) sikap kerja di perusahaan; (d) cara membuat surat lamaran kerja; (e) kiat menghadapi wawancara kerja; dan (f) macam-macam profesi (jabatan). 3) Faktor yang mempengaruhi perencanaan karir siswa terbatas pada faktor kondisi lingkungan Kata kunci: layanan bimbingan karir, perencanaan karir
Copyrights © 2019