G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

TEKNIK MODELING TERHADAP PERENCANAAN KARIR PESERTA DIDIK SMA

Dyah Puspitaningrum, Trifosa (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Peserta didik SMA merupakan individu yang berada pada pintu gerbang yang akandihadapkan pada pilihan untuk memasuki studi lanjut atau dunia kerja. Menghadapipilihan tersebut perlunya persiapan yang baik, salah satunya berupa perencanaan karir.Perancanaan karir adalah kegiatan individu dalam menentukan langkah yang akandilakukan untuk mencapai tujuan karir yang telah ditetapkan. Hal tersebut sesuai dengankemampuan dan persyaratan yang meliputi pengetahuan dan pemahaman akan dirisendiri, pengetahuan dan pemahaman akan pekerjaan, serta penggunaan penalaran yangbenar antara diri sendiri dan dunia kerja. Perencanaan karir yang baik dapat dicapai, salahsatunya ialah melalui teknik modeling. Teknik modeling adalah suatu teknik yangdigunakan untuk mengubah perilaku, kognitif dan afektif seseorang melalui pengamatanyang dilanjutkan pada proses meniru atau meneladani tingkah laku model yangditampilkan. Peserta didik dapat memperoleh pembelajaran mengenai karir melaluipengamatan model secara langsung sehingga dapat dengan mudah mengaplikasikannya.Model yang ditampilkan adalah tokoh-tokoh yang karirnya dapat menginspirasi pesertadidik. Pengalaman karir tokoh diharapkan dapat dipergunakan peserta didik untukmerumuskan karirnya hingga terwujud dalam sebuah perencanaan karir yang tepat.Kata kunci: teknik modeling, perencanaan karir

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...