G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

KETELADANAN GURU-GURU AL-ISLAM DAN KEMUHAMMADIYAHAN DI SEKOLAH MUHAMMADIYAH (Studi Kasus di Tiga Sekolah Besar SMA Muhammadiyah di Yogyakarta)

Wijayanta, Wahyu (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui keteladanan guru-guru al-Islam dan kemuhammadiyahandi sekolah-sekolah Muhammadiyah (2) Mengetahui bentuk-bentukketeladanan guru-guru al-Islam dan ke-muhammadiyahan di sekolah-sekolahMuhammadiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian mix methods. Teknik pengumpulandata, menggunakan angket, wawancara dan dokumentas. Teknik analisis data denganmenggunakan meta analisis. Hasil penelitin ini yaitu: (1) Keteladanan guru-guru al-Islamdan ke-muhammadiyahan di sekolah-sekolah Muhammadiyah khususnya SMAMuhammadiyah 1, SMA Muhammadiyah 2 dan SMA Muhammadiyah 3, pada tahunpelajaran 2016/2017 dalam kategori sangat baik, (2) Bentuk-bentuk keteladanan gurugurual-Islam dan kemuhammadiyahan dalam kategori sangat baik, bentuk keteladananmeliputi; memberi salam saat bertemu, ramah dan murah senyum, sering menggunakanbahasa al-Quran, berpakaian bersih dan rapi serta sederhana, beretika Islami, perhatian,pemaaf dan tenang, manjauhi sifat kasar dalam bermuamalah, berhati penyayang, takwa,selalu berdoa untuk anak, lemah lembut dan muamalah dengan anak, menjauhi sikapmarah, bersikap adil dan tidak pilih kasih yang diterapkan di kelas dan sekolah.Kata kunci: keteladanan, guru-guru al-Islam dan ke-muhammadiyahan

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...