G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 3, No 1 (2018): G-Couns Jurnal Bimbingan dan Konseling

STUDI EKSPERIMEN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF KOMBINASI TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION) DAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN AKTIVITAS BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK (Penelitian pada SMP Negeri 3 Bantul Yogyakarta)

-, Wakitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Feb 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi dan aktivitasbelajar peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran tipe STAD dikombinasikanTGT dengan peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran konvensional.Metode penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan QuasiExperimental Design. Sampel eksperimen sebanyak 32 peserta didik dan sampel kontrolsebanyak 30 peserta didik. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 3 Bantul. Datadikumpulkan melalui angket dan observasi. Analisis data menggunakan teknik analisisdeskriptif kuantitatif dan uji-t dengan taraf signifikan 5%. Hasil uji beda dengan rumus ttesmemperlihatkan bahwa peningkatan motivasi belajar nilai p (sig) pada t adalah 0,000< 0,05. Nilai p(sig) pada t untuk peningkatan aktivitas belajar adalah 0,000 < 0,05sehingga ada perbedaan rata-rata motivasi dan aktivitas belajar antara kelompok kontroldan kelompok eksperimen setelah penerapan model pembelajaran tipe STADdikombinasikan dengan TGT. Kelompok eksperimen mengalami peningkatan rata-rataaktivitas dan motivasi belajar lebih tinggi dari pada kelompok kontrol..Kata kunci: pembelajarn, motivasi, aktivitas, STAD, TGT

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

bk

Publisher

Subject

Education Physics Other

Description

Diterbitkan sebagai media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah dalam bidang ilmu Bimbingan dan Konseling sebagai upaya meningkatkan dan mengimplementasikan teori serta praktik layanan Bimbingan dan Konseling. G-COUNS: Jurnal Bimbingan dan Konseling merupakan rujukan media publikasi ini untuk ...