Abstrak : Penerapan Evidence Based Practice (EBP) saat ini telah menjadi salah satu dari peran perawat profesional, karena EBP membantu memperbaiki kualitas dari praktek perawat. Guna mempersiapkan hal tersebut, Mahasiswa/I keperawatan perlu memiliki kompetensi yang baik dalam pembelajaran Evidence Based Practice selama masa pendidikan. Tujuan Penelitian : Mengevaluasi kompetensi mahasiswa keperawatan semester VIII angkatan VII dalam pembelajaran Evidence Based Practice di STIKES Suaka Insan Banjarmasin. Metode : Desain penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan teknik total populasi sampling sebanyak 53 mahasiswa keperawatan semester VIII angkatan VII, pengumpulan data dengan kuesioner EBP-COQ, analisa data univariat menggunakan distribusi frekuensi, mean, dan standar deviasi. Desain penelitian deskriptif kualitatif dengan metode Focus Group Discussion (FGD) pada 7 responden dalam sampel. Hasil : Kompetensi mahasiswa keperawatan semester VIII angkatan VII dalam pembelajaran Evidence Based Practice terbanyak pada kategori cukup 35 responden (66,03%), nilai mean 83 dan nilai SD 8,80. Pengetahuan terbanyak pada kategori cukup 44 responden (83,01%), nilai mean 21,54 dan nilai SD 2,15. Keterampilan terbanyak pada kategori cukup 41 responden (77,35%), nilai mean 20,22 dan nilai SD 3,46. Sikap terbanyak pada kategori cukup 27 responden (50,94%), nilai mean 41,22 dan nilai SD 4,83. Kesimpulan : Kompetensi Mahasiswa/I keperawatan semester VIII angkatan VII dalam pembelajaran Evidence Based Practice dalam kategori cukup dengan komponen tertinggi yaitu sikap, kemudian pengetahuan, dan yang paling rendah yaitu keterampilan.
Copyrights © 2017