Latar Belakang: Pembelajaran klinik merupakan pembelajaran berbasis pengalaman, mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan teori yang diperoleh dari akademik pada kasus-kasus nyata di klinik. Manfaat pembelajaran klinik mendapatkan pengalaman nyata untuk mencapai kemampuan profesional (intelektual, teknikal, dan interpersonal). Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kualitas pembelajaran klinik (kompetensi pembimbing, pengaturan bimbingan, metode pembelajaran, lingkungan pembelajaran, dan lahan praktik) Metode: Sampel penelitian ini adalah 84 mahasiswa ners angkatan 2018 Universitas Muhammadiyah Banjarmasin. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Total Populasi Hasil: Uji statistik menunjukkan bahwa terdapat empat hubungan dengan kualitas pembelajaran klinik yaitu komptensi pembimbing, pengaturan bimbingan, metode pembelajaran dan lingkungan pembelajaran dengan p value <0,05 dan faktor yang paling dominan adalah kompetensi pembimbing dengan nilai probability sebesar 2,820. Bidang manajemen pendidikan perlu memperhatikan kompetensi dosen pada saat rekrutmen dosen dilakukan berdasarkan pemenuhan persyaratan kualifikasi.
Copyrights © 2020