Gagasan Pendidikan Indonesia
Vol 1, No 1 (2020)

Kemampuan Komunikasi Peserta Didik Sekolah Dasar Menggunakan Strategi Debat Aktif

Nadia Rizky Amalia (UIN Raden Intan Lampung)
Nurul Hidayah (Unknown)
Irwandani Irwandani (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Komunikasi merupakan hal yang paling penting dalam intraksi setiap manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik setelah penerapan strategi pembelajaran debat aktif. Jenis penelitian ini adalah quasi ekperiment dengan desain penelitian pretest-posttest control grup design yang dilaksanakan dalam empat kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung yang berjumlah 27 peserta didik. Objek penelitian ini adalah kemampuan komunikasi. Penggumpulan data dalam penelitian ini menggunakan penyebaran kuesioner, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi peningkatan presentase kemampuan komunikasi peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung. Berdasarkan hasi observasi sebelum diterapkan strategi debat aktif hanya diperoleh sebesar 36,3% (kategori “sangat rendah”) sedangakan setelah diterapkan strategi debat aktif diperoleh rata-rata nilai 88,15 (kategori “tinggi”). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi debat aktif dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas V MIN 6 Bandar Lampung

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

GAGASAN

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Gagasan Pendidikan Indonesia contains research publications in the field of education such as Model and Modelling, Integrated STEM Education, STEAM Education, Scientific Argumentation, Socio-Scientific Issue Based Teaching and Learning, Model Based Integrated Inquiry in STEM, Model Based Teaching ...