STUDI PELAKSANAAN SELFMEDICATION PADA PENDERITA DIARE BERDASARKAN TINGKAT PENGETAHUAN MASYARAKAT PESISIR KECAMATAN SOROPIA KABUPATEN KONAWE
Vol 4 No 2 (2020): Mei (2020)

EFEK METODE PEMBELAJARAN PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI IQ SISWA

Syahlani, Achmad (Unknown)
Setyorini, Desy (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 May 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji perbedaan hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode inquiry dengan konvensional, ditinjau dari Intelligence Quotient (IQ) siswa. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 267 Jakarta. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX dengan sampel kelas IX-A dan IX-D yang diperoleh dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain faktorial 2×2, dimana hasil belajar matematika sebagai variabel terikat serta metode pembelajaran dan IQ siswa sebagai variabel bebas. Data IQ siswa diperoleh dengan menjaring data sekunder, sedangkan data hasil belajar matematika dijaring melalui instrumen tes hasil belajar matematika. Data hasil belajar matematika dianalisis dengan analisis deskriptif dan inferensial dengan analysis of variance (ANOVA) dua arah untuk uji perbedaan rata-rata, serta uji Tukey untuk uji lanjut. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika antara yang diajar dengan metode inquiry dengan konvensional; (2) Terdapat efek dari interaksi antara metode pembelajaran dengan IQ siswa terhadap hasil belajar matematika; (3) Untuk siswa dengan IQ tinggi, hasil belajar matematika yang diajar dengan metode inquiry lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode konvensional; (4) Untuk siswa dengan IQ rendah, hasil belajar matematika yang diajar dengan metode konvensional lebih tinggi daripada yang diajar dengan metode inquiry.

Copyrights © 2020