Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Reforma

MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING DI MAN ACEH JAYA

Dian Kristanti (STKIP Bina Bangsa Meulaboh Aceh)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2018

Abstract

Rendahnya prestasi belajar dalam mencapai tujuan pendidikan mendorong penulis melakukan penelitian tentang penerapan model Quantum Learning untuk meningkatkan prestasi belajar matematika siswa di MAN Aceh Jaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi matematika yang dicapai siswa setelah menyelesaikan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning dan mendeskripsikan interaksi siswa selama kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model quantum learning berlangsung. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X-1 MAN Aceh Jaya tahun ajaran 2015/2016. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah hasil belajar Matematika kelas X-1 pada materi logika matematika melalui penerapan model quantum learning. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, angket dan wawancara. Instrumen penelitian yang peneliti gunakan yaitu lembar: tes, observasi, wawancara dan angket. Keempat instrumen ini telah divalidasi oleh validator yaitu dosen Matematika dan guru di sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan: (1) Pembelajaran menggunakan model ini dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi logika matematika di MAN Aceh Jaya. Karena model ini mendorong minat dan keaktifan belajar siswa. Sebelum model ini diterapkan rata-rata nilai yang dicapai siswa yaitu 65 di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70. Setelah model ini diterapkan, prestasi belajar siswa meningkat. Dengan menggunakan instrumen tes, pada siklus I rata-rata nilai ketuntasan individual siswa 30 % dan siklus II mencapai 86,6 %. 2) Dengan menerapakan model ini, interaksi siswa semakin aktif melakukan KBM. Hal ini terlihat dari prestasi serta minat belajar siswa yang terus meningkat.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

reforma

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran is an international, peer-reviewed journal dedicated to promoting transformative and evidence-based innovations in education and learning. The journal provides a scholarly platform for disseminating cutting-edge research that bridges theory and practice, ...