JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 20, No 76 (2014)

PENGELOLAAN INFORMASI PERPUSTAKAAN BERBASIS KNOWLEDGE MANAGEMENT MENUJU RESEARCH COLLEGE DAN PERGURUAN TINGGI BERKUALITAS INTERNASIONAL

DANNY IVANNO RITONGA (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
24 Mar 2016

Abstract

Knowledge management merupakan mengakses, mengevaluasi, memanage, mengorganisir, memfilter dan mendistribusikan informasi dengan tujuan bahwa hal tersebut berguna bagi end user. Knowledge management ini dapat diimplementasikan di organisasi apa saja. Adanya knowledge manajemen karena: (1)Dapat memudahkan organisasi mengetahui kebutuhan masyarakat; (2) Dapat mengevaluasi kinerja organisasi dan anggota; (3) Dapat bersaing dengan organisasi lainnya; dan (4) Menciptakan suatu pengetahuan yang baru atau inovasi baru untuk organisasi. Knowledge management juga dapat diimplementasikan pada pusat informasi atau perpustakaan. Perpustakaan adalah salah satu organisasi sumber belajar yang menyimpan, mengelola, dan memberikan layanan bahan pustaka, baik buku maupun non buku karena perpustakaan merupakan tempat informasi atau pengetahuan yang disediakan untuk semua orang dan semua kalangan. Penggunaan teknologi sebagai alat untuk menyampaikan pengetahuan dan informasi sangat diperlukan. Dan perpustakaan harus mengikuti perkembangan yang telah terjadi dikalangan masyarakat serta mahasiswa, dosen, dan pengguna (user) lainnya.   Kata Kunci : Konsep Knowledge Management, Teknologi Informasi, Pengembangan Sistem Informasi Perpustakaan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jpkm

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (JPKM) diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Negeri Medan (LPPM UNIMED) adalah peer-reviewed journal yang memuat artikel-artikel ilmiah dari berbagai disiplin ilmu yang diadopsi dalam berbagai aktivitas pengabdian kepada ...