Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Tolitoli. Pemilihan kelompok sampel dilakukan secara acak. Dalam hal ini, Kelas yang terpilih adalah Kelas XII Farmasi 1 sebagai kelas eksperimen pertama yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD, sedangkan kelas XII Farmasi 2 sebagai kelas eksperimen kedua yaitu kelas yang menggunakan model kooperatif tipe TAI. Untuk menganalisis mana yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI, data dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dari tipe STAD ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa.
Copyrights © 2019