Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian
Vol 1, No 1: Mei

Perbandingan Keefektifan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dan Tipe Team Assisted Individualization

Arsyil Waritsman (Universitas Madako Toli-toli)



Article Info

Publish Date
14 May 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan keefektifan antara model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) dan tipe Team Assisted Individualization (TAI) ditinjau dari prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain pretest-posttest nonequivalent comparison group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMK Negeri 1 Tolitoli. Pemilihan kelompok sampel dilakukan secara acak. Dalam hal ini, Kelas yang terpilih adalah Kelas XII Farmasi 1 sebagai kelas eksperimen pertama yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD, sedangkan kelas XII Farmasi 2 sebagai kelas eksperimen kedua yaitu kelas yang menggunakan model kooperatif tipe TAI. Untuk menganalisis mana yang lebih efektif antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe TAI, data dianalisis menggunakan uji t dengan taraf signifikansi 5%. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih efektif dari tipe STAD ditinjau dari prestasi belajar matematika siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

Tolis_Ilmiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bidang kajian yang dapat dimuat pada Jurnal Tolis Ilmiah meliputi dan tidak terbatas pada: Ilmu Pertanian Peternakan Perikanan Pendidikan Ilmu Sosial dan Budaya Hukum Administrasi dan Manajemen ...