Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian
Vol 2, No 2: November

MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (STUDI PENELITIAN TINDAKAN KELAS DI SMP NEGERI 2 TOLITOLI)

Tasmin A Jacub (SMP Negeri 2 Tolitoli)
Hasia Marto (Unknown)
Arisa Darwis (Universitas Madako)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model problem based learning pada siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian Tindakan kelas ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 35 siswa sebagai subjek penerima tindakan, sedangkan untuk subjek pelaku tindakan adalah guru IPS kelas IXA selaku guru, teman sejawat selaku subjek yang melakukan observasi proses pembelajaran, Kepala Sekolah selaku subjek sumber data. Metode pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes, observasi dan dokumentasi. Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam dua siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IX A SMPN 2 Tolitoli tahun pelajaran 2018/2019. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar IPS siswa juga mengalami peningkatan yaitu sebelum Tindakan sebesar 70,88 pada siklus I sebesar 74,80 dan pada siklus II sebesar 85,37. Selain itu, presentase ketuntasan belajar siswa, yaitu sebelum tindakan sebesar 34,28%, pada siklus I sebesar 74,80% dan pada siklus II sebesar 94,28%.Kata Kunci: Problem based learning dan hasil belajar IPS siswa

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

Tolis_Ilmiah

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Bidang kajian yang dapat dimuat pada Jurnal Tolis Ilmiah meliputi dan tidak terbatas pada: Ilmu Pertanian Peternakan Perikanan Pendidikan Ilmu Sosial dan Budaya Hukum Administrasi dan Manajemen ...