Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 9 No. 1 (2018): Mei 2018

MODEL PENDIDIKAN KEAKSARAAN FUNGSIONAL BERBASIS MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PADA DIRI WARGA BELAJAR

Sri Hapsari (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 May 2018

Abstract

Kajian ini ditulis untuk memberikan gambaran teoritis pendidikan keaksaraan fungsional yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Keaksaraan fungsional adalah cara untuk mengembangkan kemampuan seseorang dalam menguasai pengetahuan dasar dan keterampilan yang diperlukan oleh setiap manusia dalam kehidupan sehari-hari serta memanfaatkan potensi lingkungan sekitar. Selama ini, pendidikan keaksaraan identik hanya memberikan pelajaran membaca, menulis, dan berhitung. Padahal pendidikan keaksaraan fungsional diarahkan dan dikembangkan untuk merangsang warga belajar dalam berpikir, khususnya berpikir kreatif. Kemampuan berpikir ini akan membantu warga belajar dalam memanfaatkan aksara yang sesuai dengan peran sosial yang dimilikinya. Dengan demikian, pendidikan keaksaraan akan berdampak luas pada masyarakat, baik di bidang sosial, ekonomi, dan budaya.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...