Jurnal Akrab (Aksara agar Berdaya)
Vol. 10 No. 1 (2019): JURNAL AKRAB

MOTIVASI BERPRESTASI DAN KONTINUITAS KEGIATAN BELAJAR PESERTA DIDIK PASCA PENDIDIKAN KEAKSARAAN LANJUTAN

Dadang Dadang (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 May 2019

Abstract

Literacy education was initially limited to efforts to provide basic reading, writing and numeracy skills. Then it developed into literacy in various ways not just reading and writing but also literacy in various aspects of life. The regulation was made by the government which emphasized that through literacy education in two forms, namely basic literacy education and advanced literacy education in the form of independent business literacy and multi-literacy. In terms of advanced literacy education it is essentially based on the study that with advanced literacy education not necessarily the community-students are able to empower themselves as they deserve. This is related to the problem of continuity of learning activities and achievement motivation. If students after advanced literacy education can carry out continuous learning activities reinforced by the presence of achievement motivation, it is possible for them to strengthen their literacy abilities. It can be concluded that the continuity of learning activities and achievement motivation allows students to empower themselves in literacy. Pendidikan keaksaraan awalnya terbatas pada upaya memberikan kemampuan membaca, menulis dan berhitung dasar. Kemudian berkembang menjadi keaksaraan dalam berbagai hal tidak hanya sekedar baca tulis hitung tetapi juga keaksaraan dalam berbagai aspek kehidupan. Regulasi pun dibuat oleh pemerintah yang menegaskan bahwa melalui pendidikan keaksaraan dengan dua bentuk yaitu pendidikan keaksaraan dasar dan pendidikan keaksaraan lanjutan berupa keaksaraan usaha mandiri dan multikeaksaraan. Dalam hal pendidikan keaksaraan lanjutan secara esensi berdasarkan kajian bahwa dengan pendidikan keaksaraan lanjutan tidak serta merta masyarakat- peserta didik mampu memberdayakan dirinya sebagaimana layaknya. Hal ini terkait dengan persoalan kontinuitas kegiatan belajar dan motivasi berprestasi. Jika peserta didik pasca pendidikan keaksaraan lanjutan dapat melakukan kontinutas kegiatan belajar diperkuat oleh adanya motivasi berprestasi, maka dimungkinkan mereka semakin kuat kemampuan keberaksaraannya. Dapatlah disimpulkan bahwa dengan kontinuitas kegiatan belajar dan motivasi berprestasi memungkinkan peserta didik dapat memberdayakan dirinya dalam keberaksaraan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnalakrab

Publisher

Subject

Education Other

Description

JURNAL AKRAB (Aksara agar Berdaya) adalah jurnal untuk mempublikasikan tulisan ilmiah populer, hasil penelitian/pengkajian, dan pengembangan model pembelajaran di bidang pendidikan nonformal, khususnya pendidikan keaksaraan dan pengembangan budaya baca masyarakat. Pengguna Jurnal adalah tenaga ...