Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan permainan Uno Stacko terhadap motivasi belajar warga belajar Keaksaraan di PKBM Pandu Pelajar Mandiri. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh warga belajar Keaksaraan di PKBM Pandu Pelajar Mandiri dengan Sampel sebanyak 18 orang. Metode yang digunakan adalah metode expost facto dengan pendekatan korelasional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukan t hitung (2,088) > t tabel (1,746) yang artinya bahwa adanya pengaruh penggunaan permainan uno stacko terhadap motivasi belajar warga belajar Keaksaraan di PKBM pandu pelajar mandiri. Hal ini menunjukan bahwa permainan uno stacko dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan motivasi belajar warga belajar. Oleh sebab itu, tutor perlu mengetahui kesulitan setiap warga belajar dalam pembelajarannya. INFLUENCE ON THE USE OF GAME UNO STACKO ON THE MOTIVATION TO LEARN CITIZENS LEARN LITERACY IN PKBM PANDU PANDU PELAJAR MANDIRI CORRECTIONAL INSTITUTION Abstract: This study aims to determine the effect of the use of Uno Stacko games on the motivation to learn literacy program students in PKBM Pandu Pelajar Mandiri. The population in this study were all residents of learning literacy program in PKBM Pandu Pelajar Mandiri with a sample of 18 people. The method used is the expost facto method with a correlational approach. Data collection was carried out using questionnaires analyzed using t-test. The results showed t count (2.088)> t table (1.746) which means that there was an influence of the use of uno stacko games on the motivation to learn literacy program residents in PKBM independent student guides. This shows that uno stacko play can be used as an effort to increase learning motivation of learning citizens. Therefore, tutors need to know the difficulties of every citizen learning in their learning.
Copyrights © 2019