JURNAL ILMIAH EDUKATIF
Vol. 5 No. 2 (2019): Edukatif

PENGEMBANGAN PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA DI LINGKUNGAN SEKOLAH

Husaini (Dosen Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Muhammad Syafiuddin Sambas)



Article Info

Publish Date
04 Jun 2020

Abstract

Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagaimana yang dirumuskan dalam kebijakan perlu dirinci dan harus bersifat aplikatif. Kedua, perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dirumuskan dalam kebijakan pemerintah terdiri atas tiga bentuk program, yaitu program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pengembangan melalui budaya sekolah. Dari ketiga programtersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam aspek perumusan maupun implementasinya. Ketiga, penilaian pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa menggunakan beberapa indikator penilaian, yakni: indikator untuk sekolah dan kelas, serta indikator untuk mata pelajaran. Format penilaian ini di satu sisi memiliki kelebihan dalam rangka mencapai tujuan yang telah digariskan, namun dalam aspek sasarannya hanya tertuju kepada siswa. Oleh karena itu, perlu disertakan format penilaian diri (self-assesment) agar pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa di lingkungan sekolah menjadi semakin efektif.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

edukatif

Publisher

Subject

Religion Education Environmental Science Social Sciences

Description

Materi Pendidikan Islam, Aktivitas Pembelajaran; Kurikulum Pendidikan; Politik Pendidikan; Filsafat Pendidikan; Manajemen Pendidikan; Sejarah Pendidikan Islam; Sejarah Pendidikan IslamProfesi Keguruan meliputi; Kompetensi Guru; Kinerja Guru dan Interaksi Guru dan ...