Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa di lingkungan sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa sebagaimana yang dirumuskan dalam kebijakan perlu dirinci dan harus bersifat aplikatif. Kedua, perencanaan pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa yang dirumuskan dalam kebijakan pemerintah terdiri atas tiga bentuk program, yaitu program pengembangan diri, pengintegrasian dalam mata pelajaran, dan pengembangan melalui budaya sekolah. Dari ketiga programtersebut, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, baik dalam aspek perumusan maupun implementasinya. Ketiga, penilaian pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa menggunakan beberapa indikator penilaian, yakni: indikator untuk sekolah dan kelas, serta indikator untuk mata pelajaran. Format penilaian ini di satu sisi memiliki kelebihan dalam rangka mencapai tujuan yang telah digariskan, namun dalam aspek sasarannya hanya tertuju kepada siswa. Oleh karena itu, perlu disertakan format penilaian diri (self-assesment) agar pelaksanaan pendidikan budaya dan karakter bangsa di lingkungan sekolah menjadi semakin efektif.
Copyrights © 2019