JURNAL PENDIDIKAN DASAR FLOBAMORATA
Vol. 1 No. 1 (2020): Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) TERHADAP LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ummu Aiman (Universitas Muhammadiyah Kupang)
Rizqy Amelia Ramadhaniyah Ahmad (Universitas Muhammadiyah Kupang)



Article Info

Publish Date
31 Mar 2020

Abstract

Tujuan utama penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan literasi sains siswa yang belajarkan model PBL dan dibelajarkan metode ekspositori. Penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan desaian post-test only control group design. Data literasi sains diperoleh melalui tes. Kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan uji-t. Hasil thitung sebesar 4,30dan ttabel = 2,00 (dengan tingkat signifikasi 5%). Berarti thitung>ttabel, maka simpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan literasi sains siswa yang dibelajarkan dengan model PBL dan metode ekspositori. Dari rerata skor literasi sains, berada pada kategori sangat tinggi dengan Mean 23,51 sedangkan kelompok kontrol berada pada kateogri sedang dengan hasil Mean 15,75. Jadi, kesimpulannya bahwa model PBL meningkatkan literasi sains siswa kelas V SD Muhammadiyah 2 Kota Kupang.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jpdf

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Focus dan scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching. The journal welcomes original empirical investigation. The papers may ...