JEMAS : Jurnal Edukasi Matematikan dan Sains
Vol. 1 No. 1 (2020): Maret| Jurnal Edukasi Matematika dan Sains |

PERBEDAAN PRESTASI BELAJAR SISWA X SMA PADA KONSEP HUKUM NEWTON MELALUI PENERAPAN KOOPERATIF TIPE TGT BERBASIS ULAR TANGGA

Zakiatun Nufus (MTsS Almuslim Bireuen)



Article Info

Publish Date
25 Mar 2020

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar siswa X SMA pada konsep hukum Newton sesudah menerapkan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga dengan model kooperatif tipe TGT. Jenis penelitian eksperimen murni dengan subjek penelitian 25 orang siswa. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas X SMA dengan sampel siswa kelas X PM SMA Negeri 1 Peusangan, yaitu kelas X PM 1 dan kelas X PM 2 yang diambil secara acak. Instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah RPP, tes dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes awal dan tes akhir. Statistik yang digunakan dalam pengolahan data adalah statistik uji-t. Dari hasil pengolahan data diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel = 2.98 > 2.06, maka (Ho) ditolak, dan (Ha) diterima pada taraf signifikan α = 0,05 dengan uji dua pihak (1-1/2). Perbedaan hasil tersebut dapat dilihat pada nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas X PM 1 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT berbasis ular tangga ( 50,35 dan 81,74) dan siswa kelas X PM 2 sebelum dan sesudah penerapan model kooperatif tipe TGT ( 48,36 dan 78,62). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan kedua model pembelajaran tersebut sangat efektif untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jemas

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics

Description

JEMAS : JURNAL EDUKASI MATEMATIKA DAN SAINS adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Almuslim. JEMAS memuat artikel-artikel yang berupa hasil penelitian dan kajian (review) dalam bidang pendidikan matematika, ...