Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan
Vol 22 No 2 (2016)

KEMAMPUAN PENALARAN MAHASISWA DALAM PEMBUKTIAN TEOREMA PADA MATA KULIAH ANALISIS REAL 1

Ikhsan Ikhsan (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa ProgramStudiPendidikan Matematika dalam hal penalaran pada mata kuliah Analisis Real 1. Matakuliah Analisis Real 1 menekankan pembuktian teorema-teorema dasar pada bilangan real.Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester lima tahun akademik 2015/2016Program Studi Pendidikan Matematika. Kemampuan mahasiswa Program StudiPendidikan Matematika dalam hal penalaran pada saat awal memasuki semester limamasih dikategorikan sama dengan kemampuan mahasiswa tahun-tahun sebelumnya padaawal-awal memasuki semester lima. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK) melalui kegiatan Lesson Studi dengan empat siklus. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kemampuan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika dalam halpenalaran melalui pembuktian teoremapada mata kuliah Analisis Real 1dikategorikan baiksecara signifikan. Artinya ada peningkatan secara signifikan kemampuan mahasiswaProgram Studi Pendidikan Matematika dalam hal penalaran melalui pembuktian teoremapada mata kuliah Analisis Real 1.

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

didaktika

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

didaktika Jurnal Pemikiran Pendidikan memuat hasil penelitian dibidang pendidikan, baik pendidikan matematika, pendidikan bahasa inggris maupun pendidikan ...